Grand Launching IDPRO

Kedaulatan data dibutuhkan oleh setiap Negara di seluruh Dunia. Tanpa kedaulatan data maka negara tersebut akan rentan dalam segala hal.

Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng

Ketua IDPRO

Acara Grand Launching IDPRO dan Konferensi Pers yang diselenggarakan pada tanggal 14 Desember 2016 di Berita Satu Plaza (GTN Data Center) ini dihadir oleh para founding member, belasan wartawan dari berbagai media berita, dan juga dihadiri dua anggota baru IDPRO, yakni PT Aplikanusa Lintasarta dan PT CBN Nusantara.

Kegiatan Acara Grand Launching IDPRO

Acara yang dipandu oleh ibu Cynthia Iskandar tersebut menampilkan empat pembicara, yakni Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng (Ketua IDPRO), Richard Kartawijaya (Sekjen IDPRO), Hendra Suryakusuma (Bendahara IDPRO), dan Rachmad Igen (Chief Digital Activation, Elitery).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IDPRO – Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng, menegaskan kembali mengenai pentingnya penegakkan kedaulatan data. Seluruh negara sudah mulai menerapkan kedaulatan data, bahkan Vietnam juga sudah memulai hal tersebut. “Dalam era digital yang berkembang pesat, jika konten merupakan raja, maka data merupakan dewa”, kata Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng.

Senada dengan ketua IDPRO, Richard Kartawijaya – Sekjen IDPRO (CEO, GTN Data Center) juga menjelaskan bahwa hanya dengan kedaulatan data maka keamanan pada era digital dapat lebih terjamin, apalagi di Indonesia industri Fintech telah dimulai. Richard menyatakan bahwa anggota IDPRO telah mencapai 80% dari total luas data center di Indonesia. IDPRO akan menyelenggarakn acara “Data Center Day” pada Februari 2017 di Jakarta, tambahnya lagi.

Hendra Suryakusuma, Bendahara IDPRO (CEO, Elitery Data Center) menjelaskan bahwa investasi data center di Indonesia dapat mencapai puluhan triliun jika kedaulatan data dapat ditegakkan. Beliau mengatakan bahwa kualitas data center Indonesia khususnya para provider data center yang telah bergabung di IDPRO, telah memiliki kualitas berstandar internasional.

Para anggota IDPRO menyambut peluncuran website resmi IDPRO dengan sangat antusias. Peluncuran website resmi IDPRO dipresentasikan oleh Rachmad Igen (Chief Digital Activation, Elitery). Website IDPRO memiliki tujuan menjadi jembatan organisasi dengan para anggota dan khalayak umum. Website IDPRO dilengkapi fungsi-fungsi untuk para anggota agar dapat saling berkolaborasi satu sama lain.

Tidak ketingalan sesi tanya jawab dengan rekan-rekan wartawan dari berbagai media yang banyak menanyakan perkiraan pertumbuhan investasi data center di Indonesia jika kedaulatan data tersebut sudah ditegakkan.

Daftar Anggota IDPRO per 14 Desember 2016

Dengan bertambahnya dua anggota provider data center tersebut diatas, berikut daftar anggota IDPRO per 14 Desember 2016 (di urutkan berdasar abjad):

  • CBN (PT CBN Nusantara)
  • DCI (PT DCI Indonesia)
  • Elitery (PT Data Sinergitama Jaya)
  • GTN (PT Graha Teknologi Nusantara)
  • Lintasarta (PT Aplikanusa Lintasarta)
  • Nexcenter (PT NTT Indonesia Nexcenter)
  • Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitas Indonesia
  • Telkomsigma (PT Sigma Cipta Caraka)
  • XL Axiata (PT XL Axiata, Tbk)

Dengan demikian, anggota yang tergabung di IDPRO telah mencakup 80% dari seluruh populasi data center di Indonesia. Semoga kedaulatan data dapat mulai ditegakkan di tahun 2017.