Indonesia telah mengalami populasi pengguna internet yang cukup signifikan, setiap tahun meningkat sekitar 20%. Saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 170 juta pengguna. Sementara bisnis operator seluler akan mengalami kejenuhan pasar, kebutuhan data center semakin berkembang. Pertumbuhan data center di Indonesia sudah mulai terlihat di tahun 2021 ini.

Hal tersebut dapat terlihat dari IPO salah satu member IDPRO – DCII – yang cukup fenomenal pada peningkatan harga saham, kini para pengusaha real-estate di Indonesia seperti Ciputra sudah mulai melirik investasi di industri data center.

Faktor Pendorong Pertumbuhan Data Center di Indonesia

Seiring dengan peningkatan transformasi digital di Indonesia, penggunaan data akan mendorong kebutuhan aka data center. Seperti yang disampaikan oleh Sekjen Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia (IDPRO) Teddy Sukardi di Bisnis.Com, ada beberapa faktor pendorong pertumbuhan data center seperti meningkatnya penggunaan e-marketplace dan ride-hailing seperti Gojek.

Selain itu, sektor edutech juga berkembang secara signifikan yang membutuhkan pusat data yang lebih besar dari sektor bisnis digital lainnya.

Teknologi cloud telah mendukung kecepatan dan kelancaran dalam berinovasi pada kontainerisasi dan micro-services. Dalam hal ini, provider data center di Indonesia yang tergabung dalam IDPRO telah menyediakan layanan cloud dengan skala besar sejak beberapa tahun yang lalu.

Mengutip data Capital Market JLL, Ketua Infrastruktur Telematika Nasional Mastel Sigit Puspito Wigati Jarot mengatakan pusat data di Asia Pasifik seperti China, India, dan Indonesia sedang mengalami pertumbuhan.

Peran IDPRO di Industri Data Center Indonesia

IDPRO sebagai wadah dari para penyelenggara data center di Indonesia terus mendukung inudstri data center di Tanah Air tetap terus berkembang secara aman dan lancar. Dari sisi teknologi informasi, para penyedia data center yang tergabung dalam IDPRO telah memiliki standard kelas dunia.

IDPRO bersama BSN telah menyusun standarisasi data center yang dapat dipelajari secara publik pada e-learning IDPRO. Ini sangat penting untu digunakan sebagai panduan bagi para investor data center di Indonesia.

Selain itu, IDPRO terus mengadakan acara webinar hingga skala nasional untuk bersama-sama memetakan pertumbuhan industri data center di Indonesia.

Share This