Tentang IDPRO

IDPRO Mempersiapkan Indonesia Menuju Digital Nation Terbesar di Asia Tenggara

IDPRO yang merupakan singkatan Indonesia Data Center Provider Organization merupakan wadah untuk menghimpun dan mengkoordinasikan seluruh potensi yang ada di industri data center di Indonesia. Hal ini dilakukan demi mendorong kemajuan dunia informasi dan teknologi di Indonesia.

Latar belakang didirikannya IDPRO

IDPRO didirikan dan diinisasi oleh para pelaku dunia data center di Indonesia yang menginginkan perbaikan kualitas dan kuantitas dari fasilitas data center yang ada di Indonesia. Dari hasil diskusi para pelaku dunia data center ini yang terdiri dari (sesuai urutan abjad):

  • DCI (PT DCI Indonesia)
  • Elitery (PT Data Sinergitama Jaya)
  • GTN (PT Graha Teknologi Nusantara)
  • Nexcenter (PT NTT Indonesia Nexcenter)
  • Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitas Indonesia
  • Telkomsigma (PT Sigma Cipta Caraka)
  • XL Axiata (PT XL Axiata, Tbk)

Menyepakati bahwa diperlukan wadah yang bersifat formal untuk memberikan, antara lain, dukungan penuh terhadap pemerintah terutama terkait dengan implementasi dari Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2012. Disepakati pula, nama-nama di atas akan menjadi Founders dari asosiasi IDPRO ini.

Dari sisi bisnis data center itu sendiri, para pendiri IDPRO ini sudah mewakili lebih dari 60% fasilitas data center yang ada di Indonesia (dihitung dari segi luas lahan dan bangunan yang ada).

Tujuan Pembentukan IDPRO

IDPRO dibentuk sebagai wadah penyelenggara Data Center di Indonesia untuk mendukung kemajuan dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (“TIK”). IDPRO juga dibentuk untuk mendukung program Pemerintah terutama dalam perwujudan Indonesia sebagai the Biggest Digital Nation in the Region.

Dalam kesehariannya, IDPRO adalah wadah tempat untuk menghimpun dan mengkoordinasikan seluruh potensi yang ada di industri data center di Inodnesia.

IDPRO akan terus berupaya agar kepentingan nasional Indonesia di dunia data center ini berdiri dan terwakili. Dalam lingkup ini, salah satu agenda utama dari IDPRO adalah penyusunan, perwujudan, dan pengimplementasian dari Standarisasi Nasional Data Center Indonesia serta sertifikasi profesi-profesi pelaku data center di Indonesia.

IDPRO akan bekerja sama dengan instansi terkait terutama akademisi dan lembaga-lembaga sertifikasi yang ada hingga program ini dapat terwujudkan.

Target Anggota IDPRO

Target anggota IDPRO adalah

  • Para penyelenggara data center yang ada di Indonesia, baik yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta & Surabaya maupun yang ada di daerah-daerah lainnya.
  • Institusi pendidikan yang memiliki kepedulian terhadap industri data center maupun TIK di Indonesia • Institusi pemerintahan yang terkait dengan TIK di Indonesia
  • Serta pribadi-pribadi yang ingin memberikan kontribusi terhadap pengembangan bisnis dan teknologi data center di Indonesia IDPRO tidak berada di bawah salah satu Kementrian ataupun Lembaga Pemerintahan.

Namun IDPRO akan menjalin kerjasama yang erat dengan beberapa lembaga pemerintahan yang banyak berperah dalam TIK di Indonesia.

Beberapa lembaga pemerintahan dan lembaga lainnya tersebut antara lain:

  • Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementrian Komunikasi dan Informasi, serta Kementrian Pertahanan.
  • IDPRO juga akan menjalin kerjasama dengan beberapa organiasi atau asosiasi yang ada seperti Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Masyarakat Telekomunikasi (MASTEL).
  • Khususnya untuk dunia pendidikan, IDPRO akan merangkul sebanyak-banyaknya para akademisi untuk dapat terlibat dalam program-program yang ada, terutama dalam penyusunan standarisasi serta riset di dunia data center.
Apa yang akan dilakukan IDPRO setelah terbentuk untuk perkembangan industri Data Center itu sendiri secara konkrit?

Perkembangan industri Data Center di Indonesia merupakan bagian dari program kerja IDPRO. Deliverables konkrit dari program kerja IDPRO antara lain:

  1. Terbitnya laporan penelitian teknis tentang bagaimana data center di Indonesia dapat lebih efisien dan efektif,
  2. Terbitnya buku pedoman sertifikasi dan standarisasi data center di Indonesia, serta
  3. Terbitnya buku laporan tahunan industri data center di Indonesia. Semua informasi ini dapat diakses secara online.
Visi dan Misi IDPRO

Visi dari IDPRO adalah memenuhi potensi Indonesia sebagai pasar Data Centre terbesar di Asia Tenggara. .

Adapun Misi IDPRO yaitu:

  • Membangun ekosistem bisnis data center yang berkelanjutan di Indonesia
  • Meningkatkan kerjasama industri data center baik di dalam maupun ke luar negeri
  • Mendorong inovasi bisnis data center di Indonesia
  • Mendukung pemanfaatan data center di Indonesia dalam menunjang kepentingan nasional Indonesia
Bentuk Dukungan IDPRO Terhadap Pemerintah Republik Indonesia

IDPRO berinisiatif untuk terus menjalin kerjasama dengan pemerintah melalui keterlibatan aktif dalam mendukung program pemerintah terutama terkait dengan penerapan PP 82/2012. Selain itu IDPRO juga menfasilitasi penyususan regulasi terkait dengan Data Center di Indonesia serta melakukan edukasi/sosialisasi mengenai peran Data Center dalam pemerintahan. Tak lupa pula, IDPRO akan terlibat secara aktif dalam diskusi tentang sistem pengamanan jaringan TIK nasional kita. Issue seperti cyber-security dan cyber-terrorism akan menjadi salah satu yang akan dibahas secara aktif di forum IDPRO ini.

IT Community IDPRO

Dapatkan akses ke White Paper IDPRO dan keuntungan-keuntungan lainnya.

Join IDPRO

Alamat Kantor IDPRO

Menara Kadin Lt.30

Jl HR Rasuna Said

Block X-5, Kav.2-3

Jakarta Selatan

Telepon : (+62) 21 529 94 555

Share This